DIPERSILAHKAN MENYEBARKAN ARTIKEL BLOG DENGAN MENYERTAKAN LINK SUMBERNYA

Rabu, 09 September 2015

Silsilah Nasihat Untuk Penuntut Ilmu (1)

NASEHAT TERKAIT FITNAH AL-WATSIQOH
TERUNTUK PARA PENUNTUT ILMU

  
 Asy-Syaikh Al-'Allamah An-Naqid Al-Bashir
Abdul Aziz bin Yahya Al-Buro'i hafidzahullah


  ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ 

" ﻻ ﺷﻚ ﺃﻥ ﺍﻟﻮﺛﻴﻘﺔ ﻓﻴﻬﺎ ﺃﺧﻄﺎﺀ ﻻ ﺗﺨﻔﻰ ﻋﻠﻰ ﺳﻨﻲ ﻭﺍﻹﻣﺎﻡ ﻭﻗﻊ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺍﺿﻄﺮﺍﺭًﺍ ﻻ ﺍﺧﺘﻴﺎﺭًﺍ ﻭﻣﺎ ﻳﻨﺘﻘﺪﻩ ﺍﻟﻤﺸﺎﻳﺦ ﻋﻠﻰ ﺑﻨﻮﺩ ﺍﻟﻮﺛﻴﻘﺔ ﺍﻧﺘﻘﺎﺩ ﻓﻲ ﻣﻮﺿﻌﻪ، ﻭﻣﺎ ﻧﺴﻤﻌﻪ ﻣﻦ ﺍﻷﺣﻜﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺇﺟﺤﺎﻑ، ﻭﻧﻨﺼﺢ ﺇﺧﻮﺍﻧﻨﺎ ﺑﺎﻟﺼﻤﺖ ﻭﺍﻟﺼﺒﺮ ﻭﺍﻻﺳﺘﻤﺮﺍﺭ ﻓﻲ ﻃﻠﺐ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻭﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﻻ ﻧﺮﻳﺪ ﺃﻥ ﻧﺪﺍﻓﻊ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺑﺎﻟﻄﻌﻦ ﻓﻲ ﺷﻴﺦ ﺁﺧﺮ ﻓﺎﻟﺨﺴﺎﺭﺓ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﻛﻠﻬﺎ؛  ﻓﻜﻠﻬﻢ ﻣﺸﺎﻳﺦ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﺍﻟﺴﻠﻔﻴﺔ. "

ﻭﻛﺘﺒﻪ / ﻋﺒﺪﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﺑﻦ ﻳﺤﻴﻰ ﺍﻟﺒﺮﻋﻲ
21 ﺷﻮﺍﻝ 1435/ﻫـ

Tidak diragukan lagi bahwasanya watsiqoh tersebut padanya terdapat kesalahan-kesalahan yang tidak tersamarkan bagi seorang sunni dan Al-Imam telah melakukan penandatanganan tersebut dalam keadaan terpaksa bukan dengan pilihannya.

Dan apa yang dikritikkan oleh para masyayikh terhadap poin-poin pada watsiqoh tersebut merupakan sebuah kritikan yang pada tempatnya dan apa yang kami dengar terkait penjatuhan hukum-hukum terhadap Asy-Syaikh Al-Imam yang demikian itu merupakan sebuah ketidak adilan.

Dan kami menasehatkan kepada para ikhwah sekalian untuk diam dan bersabar dan terus dalam menuntut ilmu dan berdakwah kepada Allah.

Dan kami tidaklah ingin melakukan pembelaan terhadap Asy-Syaikh Al-Imam dengan melakukan pencelaan kepada syaikh yang lain, sehingga kerugiaan seluruhnya atas kita, masing-masing dari mereka merupakan masyayikh dakwah salafiyyah.

21 Syawwal 1435 H
Abdul Aziz bin Yahya Al-Buro'i


Thullabul Ilmi Yaman